Muktamar Blogger 1429

17 Sep 2008

4fp.jpg

Mengingat:

Makin riuh rendahnya kehidupan blogger yang penuh dengan tempik sorak

Memperhatikan:

Masih banyaknya blogger yang kesusahan duduk di atas kursi di bawah naungan ruangan ber-AC dan merasa lebih cucok duduk ngedoprok di trotoar berbantalkan bokong tepos dan tanpa AC

Menimbang:

Hasil rapat remang-remang menjelang sahur pada Sabtu dinihari 12 September 2008

Memutuskan

Komunitas BHI akan menyelenggarakan MUKTAMAR BLOGGER ke-II tahun 2008 Masehi alias 1429 Hijriyah alias 1930 Saka.

FAQ

APA TEMA MUKTAMARNYA?

Karena sebenarnya kami belum pernah berbuat apapun untuk masyarakat selain hanya kopdar dan pesta, maka Muktamar Blogger ke-II tidak mengambil tema Blogging for Society. Lagipula, para Gus-gus yang menjadi Dewan Tanfidziyah dari Muktamar Blogger ini (dengan memperhatikan isyarat dari para Kyai Wit-witan sepupunya Kyai Langitan selaku Dewan Syuro) juga tak bisa menjanjikan Muktamar Blogger ke-II akan berisi kegiatan sosial yang berguna untuk masyarakat, selain tak lebih hanya kumpul kemproh, ndomblong ndobos alias spik spik guk guk .

Karena itu Muktamar Blogger ke-II ini akan mengambil tema Blogging for Wit-witan saja.

Tema ini diambil karena kalo dipikir-pikir kami ini sebenarnya lebih peduli dengan wit-witan (pepohonan) daripada masyarakat (society), lha buktinya tiap jumat malam kami kopdar di sekitar wit-witan kecil di sekitar Bunderan HI, bukannya kopdar di dekat perkampungan kumuh atau kolong jembatan atau sekolah-sekolah reyot.

SIAPA PENYELENGGARANYA

Komunitas BHI, komunitas paling kondang sak kolong amben dengan para penggiatnya yang top markotop, til markintil, dan tol markintol.

SIAPA YANG MENJABAT SBG MANUSIA KURSI?

Di sini gak ada Manusia Kursi, yang ada cuma Manusia Amben. Ini untuk mengingat masa kecil kami di desa, yang mana kami semua lahir di amben, tidur di atas amben, ngompol di amben dan ngumpet juga di bawah amben. Manusia Amben yang terpilih saat ini adalah Al Mukharom Zen Rachmat Sugito, sang Nabbi Wit-witan. Dengan terpilihnya Al Mukharom Zen sang Pejalan Jauh, maka misi penyelamatan wit-witan dari tindak durjana merupakan hal yang sangat dikedepankan.

BAGAIMANA RANGKAIAN ACARANYA?

Sebelum puncak acara Muktamar Blogger ke-II, kami akan menggelar road show menuju Jakarta, yang dimulai dari kota-kota di daerah timur.

Maaf, kami tak menyediakan bus bagi para blogger atau wartawan yang ingin ikut muktamar. Bus bukannya merusak pikiran, tapi mengganggu wit-witan. Pemanasan global juga diakibatkan oleh polusi kendaraan. Karenanya, kami menganjurken para muktamirin untuk jalan kaki saja dari satu kota ke kota yang lain, sembari mengenakan baju hitam-hitam, biar semangat pelestarian lingkungan macam orang-orang Samin di Blora atau Baduy Dalam di Banten bisa lebih menyebar.

Komunitas-komunitas blogger lokal di kota-kota tersebut di atas bisa menggelar acara sendiri-sendiri. Kami sarankan agar acaranya di gelar di hutan-hutan atau di kaki gunung saja. Rayakanlah road show muktamar di kota Anda bersama para jagawana di hutan-hutan lindung, sebab para jagawana itu terbukti punya kontribusi riil menjaga wit-witan yang berguna melawan pemanasan gombal tanpa gembor-gembor P

Beberapa kandidat LO di tiap-tiap kota yang dilewati sedang kami hubungi. Blogger-blogger yang dilewati oleh roadshow para muktamirin silakan mengusulkan siapa LO di kotanya masing-masing. Untuk Jogja, mungkin Mbah Marijan akan didapuk sebagai LO, kami masih negosiasi dengan sekretaris beliau, karena setelah menjadi Manusia Roso Roso., mbah yang satu ini sedikit rumit untuk dihubungi. Mau langsung ke rumah beliau juga susah, karena bodyguard-nya saja sekelas Chris John.J

APA SAJA ACARANYA?

Selain penanaman spesies baru Gelombang Kecik hasil kawin silang bibit Gelombang Cinta dengan bibit Sawo Kecik (ini gak ada hubungannya dengan padi Super Toy), Dewan Syuro dan Dewan Tanfidziyah Muktamar mau mengajak para blogger saling berkenalan. Eh, siapa tahu ada yang dapat jodoh dan masuk ingpotainment ala blogger. Kan sekarang ngeblog jadi cara termudah dapat pacar P

Lalu, mumpung masih dekat dengan Idul Fitri, ya ada halal bihalal gitulah. Kebetulan setahun ini bloggosphere banyak digoyang berbagai gonjang ganjing yang mengisruhkan, dari soal polemik MLM, tuduhan blogger adalah hacker, penipuan blogger oleh blogger, kasus kopi paste maupun kopitozie. Di sini mari bermaafan, salam-salaman, cipika cipiki (cium pipi kanan dan cium pipi kiri), atau peludan pelukang (peluk dari depan dan peluk dari belakang). Para blogger yang akan ikut acara Pesta Blogger 2008 juga bisa datang ke acara ini untuk menungu acara pesta keesokan harinya, karena ndak semua bisa nginap di hotel, kan? Hayo ngaku! Hehehe.

Acara yang tak kalah kerenya yaitu sambutan Presiden BHI yang oleh seorang blogger kawakan berkapasitas budayawan nan cerdik pandai diberi gelar Panjenenganipun Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Presiden Mbunderan Hotel Indonesia Sayidin Panatablogger Bahtiar Satria Pitpancal. Beliau akan memberikan beberapa tausiyah mengenai kehidupan blogosphere belakangan ini.

Men teri Keuangan BHI, Al Mukharrom Ipoul van Bangsari akan memberi laporan pertanggungjawaban dan kemajuan dari program Wedhus for Bangsari yang dilansir tahun lalu pada saat Muktamar Blogger ke-I. Laporan perkembangan dan kemajuan Program Gerakan 1000 Buku akan disampaiken oleh Sang Ketua Program yang juga merangkap Menkosum (Menteri Koordinator Urusan Mesum) Al Mukharrom Pitik. Menkosum Pitik akan akan menjelaskan di kemanakan saja buku-buku itu serta komunitas/perpustakaan mana saja yang mendapat bagian buku yang dikumpulkan. Akan ada penyerahan buku secara simbolis dari panitia Gerakan 1000 Buku kepada salah satu penerima buku-buku yang dikumpulkan selama berlangsungnya Gerakan 1000 Buku.

Tapi ini semua acara tentatif dan bisa dibatalkan setiap saat. (mohon maklum)

APAKAH ADA SNACK?

Ada. Di deket Kebon Kacang atau pinggiran Megablitz yang letaknya dekat dengan lokasi Muktamar banyak tersedia makanan, dari Tongsengsu (tongseng guk guk), Tongsengdus (tongseng wedus), Tongsengpi (tongseng sapi), sampai Nas-cawet (nasi campur liwet). Untuk minumannya, kita meng-hire simbok pemilik Cafetaria Alam Raya Beratapkan Bintang dan Rembulan yang biasa mangkal di BHI. Apa saja bisa dipesan di sana. Khusus untuk suguhan Air Kata-Kata, kami sedang mengajukan proposal kerja sama kepada pemasok Air Kata-Kata dari Kampung Bali di belakang Gedung Bank Indonesia yang mampu menyediakan rupa-rupa wedang aneka warna.

SIAPA YANG BOLEH IKUT?

Siapa saja boleh ikut, kok. Baik pemuja blogspot, wordpress, blogsome, blogdrive, friendster, dagigdug, blogdetik, atau domain gratisan lainnya maupun yang domainnya sudah berbayar. Tidak ada pembatasan usia dan jumlah komen per posting, jumlah posting per minggu atau frekuensi kopdar per bulan. Silakan mendaftar di kolom komentar di bawah woro-woro ini (tidak komentar maka dianggap ikut). dan tidak perlu membawa undangan, sampeyan boleh datang dan pergi setiap saat.

Tidak ada jumlah pembatasan peserta. Berapa pun jumlah yang datang akan tertampung. Pelataran BHI sudah sangat luas, lebih luas dari aula atau museum mana pun. Jalur busway bisa disulap menjadi arena istighosah, kok. Dewan Syura akan mengerahkan jin-jin untuk menyiapkan stage khusus yang juga bisa menampung ribuan blogger yang akan berpartisipasi. Arsitek papan atas spesialis pembangunan apartemen, Engsinyur Endik, juga sedang mencarikan akal gimana caranya agar semua sambutan para petinggi bisa dilakukan di atas tugu selamat datang di tengah pancuran HI.

KAPAN WAKTU PENYELENGARAANNYA?

Pada Jumat malam 24 Oktober 2008 Masehi atau 25 Syawal 1429 Hijriah, dari pukul 22.00 sampai subuh. Lumayan, buat pengiritan ongkos daripada nginep di hotel kalo seandainya besoknya itu hendak pergi berpesta.

Ingpo yang lain-lainnya akan diposting menyusul..

TTD

Zen RS
Pejalan jauh & Penyembah Wit-witan
Manusia Amben Muktamar Blogger 1429 H


TAGS


-

Author

Follow Me