Muktamar Byar|Pet 1432 H (2011 M)

3 Nov 2011

Selamat hari blogger nasional! Tak ada kata terlambat untuk mengucapkannya.

Kaget campur deg degan karena tiba tiba blog ini hidup lagi?

Entah apakah masih layak untuk diadakan atau tidak, kami akan tetap menggelar perhelatan akbar yang tidak penting yaitu Muktamar Blogger 1432 H. Tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke 5 dan namanya berganti menjadi Byar|Pet 1432 H (2011 M).

Kok namanya ganti, apa mengikuti trend ganti nama seperti pesta akbar itu?

Terserah kami dong, lha kami yang bikin acara kok .

Perkara ujug ujug melu ini bukan berarti menjadikan rival atau apa, namun merupakan budaya ujug ujug saja. Berbicara tentang budaya kami, fakta membuktikan meski perubahan kedewasaan hidup merupakan hal yang akan dialami dan secara signifikan pula mengubah kehidupan itu berimbas termasuk kepada kami, namun secara mencengangkan fakta berbicara pula bahwa kere hore masih tetap bisa dinikmati. Muktamar ini telah mengalami metamorfosa yang cukup membingungkan yang terlalu membingungkan untuk kami jelaskan karena terus terang kami bingung pula mau nulis gimana, namun poinnya, Muktamar harus selalu ada, selama bokong belum tepos tepos banget. Intinya, mumet.

Tema kali ini Nongkrong Ketemu Ide. Mirip-mirip tema pesta itu ya? seperti biasa kami memang ikut nimbrung keramaian dari acara pesta itu.

Emang masih ada blogger?
Pertanyaan yang cukup ironis, perkembangan di beberapa waktu ini mengalihkan tren blog yang dulu pop banget ke media lain yang tentunya masih gratisan. Namun, jangan salah akhir-akhir ini banyak kopdaran komunitas blogger yang bejibun undangannya memenuhi milis kami. Tentunya tukang ngeblog masih ada. Diluar itu, mulai tumbuh-kumpeni kumpeni apapun tujuannya yang merengkuh keramaian komunitas sebagai kapitalnya.

Jadi gimana dengan undangan Muktamar Byar|Pet?
Sebenarnya dari awal memang konsepnya sama. Siapa saja boleh hadir, punya blog atau tidak, pengguna facebook, twitter, plurk atau sampeyan yang ga pernah pake internet juga boleh hadir. Karena kami sedari awal adalah cangkrukan, bukan komunitas tertentu.

Apa Saja di Muktamar Byar|Pet?
tema utamanya tentu silaturahmi, anda para muktamirin yang tersebar di penjuru negri belum tentu bersua satu sama lain kan? disinilah broterhut sesama kere hore dikedepankan supaya tetap semakin erat, jangan sampai cuma kenal sebatas di dunia virtual saja, karena sebenarnya mau tidak mau, suka tidak suka, kita hidup di dunia fana, yang penuh dengan warna warni mejikuhibiniu.

Perkembangan budaya pop seperti yang kami singgung sedikit tadi, semakin membuka peluang para muktamirin untuk mengubah nasib dari kere hore menjadi kere sinetron (akting kere doang) atau kere tenan karena salah langkah seperti yang berlaku di hukum alam, menjadi tersangka pengubah tatanan, atau menjadi korban perubahan tatanan. Di sinilah momen yang tepat untuk berbagi cerita dan berbagi nasihat, atau malah berbagi korban.

Jangan lupa, sekitaran tanggal itu tepatnya tanggal 1 Desember ada Hari Besar yang diakui seluruh pernjuru dunia yakni, Hari Raya AIDS. Bersama ini pula kami hendak mengingatkan kembali tentang bahaya penyakit AIDS, sebuah misculaneous yang cukup fatal dan sulit ditebak, karena inkubasinya cukup lama. Ini sebenarnya nggak ada hubungannya dengan budaya pop namun nanti kalo sudah silaturahmi dan nongkrong pasti akan ada hubungannya entah karena kebetulan atau tidak. Karena budaya ngobrol ngalor ngidul, ngetan bali ngulon yang terkenal mbingungi adalah akar dari sebuah pemikiran sistemik (system thingking), berpikir menyeluruh.

Acara puncaknya justru seperti biasanya, yang terkenal kere tenan yakni sambutan dari Presiden BHI yang oleh seorang blogger kawakan berkapasitas budayawan nan cerdik pandai diberi gelar Panjenenganipun Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Presiden Mbunderan Hotel Indonesia Sayidin Panatablogger Bahtiar Satria Pitpancal. Beliau akan memberikan pencerahan mengenai perkembangan budaya pop dari ngeblog, ngetwit, ngebuzz, hingga ngembat dan menthil saat ini. Berkaitan dengan Hari Raya AIDS, Bung Presiden juga akan memberikan wejangan wejangan, arahan dan metode yang dianggap perlu menggungah kepedulian sesama untuk mengangkat bahu bersama memutuskan mata rantai virus nggegirisi ini, karena sejatinya penyakit AIDS tercipta untuk menahan kobaran nafsu manusia.

Di samping itu, Cak Hedi punggawa BHI yang terkenal konsisten dengan bal balannya itu akan menjelaskan perkembangan dan peretanggungjawaban program 1000 Buku 1000 Kaos yang ngedap-edapi itu.

Perbedaan acara tahun ini kami tidak mengadakan kegiatan sosial seperti yang sudah-sudah, dikarenakan memang waktu kami yang terbatas sehingga takut tidak terkelola dengan baik. Tapi sebagai gantinya kami akan mengadakan kegiatan lomba adu poto. Kok seperti hura hura? bukan hura hura, namun sesekali hore hore bolehlah, karena prinsip kere hore inilah yang membuat kami bertahan. Jangan salah, siapa tahu anda yang hore karena sial terpilih sebagai pemenang di adu poto ala BHI yang tentunya membawa pulang hadiah yang masih serba rahasia hingga titik darah terakhir.

Nggak ada Silaturahmi tanpa ramah tamah, urusan sajian ramah tamah tentunya masih ada kalo sekadar kopi dan kacang rebus, kalau masih dirasa kurang, sate, soto, sengsu, hingga kerikil di sekitaran lokasi masih siap bersua dengan lambung anda. Bagi yang vegetarian, tak perlu khawatir, karena dari tongkrongan kemarin di lokasi, terlihat tanaman penghias area juga lemu lemu siap untuk anda mamah biak.

Kapan Muktamar?
berdasarkan wangsit yang kami terima dari mbah Google, hari baik yng cuocuok tenan untuk mengadakan Muktamar adalah Jumat 2 Desember 2011. Sesuai wangsit pula, waktu acaranya pukul 20.00 atau seusai sembahyang Isya berjamaah hingga mata nggak kuat untuk melek. Seperti tahun tahun lalu juga, tentunya nggak semua muktamirin yang akan datang di pesta keesokan harinya mampu secara akomodasi atau mendapat tebengan untuk menginap kan?

Lokasi Muktamar?
Tepat di sekitaran depan Plaza Indonesia - Bundaran Hotel Indonesia - Jakarta Pusat - Indonesia
Lha emang masih sering nongkrong di Bunderan HI? Memang dulu setiap jumat malam kami sering nongkrong di trotoar Bunderan HI tapi kini kami jarang lagi berada di sana karena penyamaran kami sebagai orang kere sudah diketahui oleh banyak orang. Tapi demi menghormati sejarah teposnya bokong karena keseringan udad udud, ngopa ngopi, ngguya ngguyu, misah misuh di sana, tetaplah perhelatan akbar ini digelar di sana.

Keterangan lebih lanjut tunggu postingan kami berikutnya.

Selamat Bermuktamar, Selamat Hari AIDS Sedunia.

Salam Hangat

Mikowlicious
Manusia Amben Muktamar Byar|Pet 1432 H


TAGS


-

Author

Follow Me